Nubuwah Perguliran Kekhalifahan

Nubuwah Perguliran Kekhalifahan

Oleh: Nasrulloh Baksolahar
(Channel Youtube Dengerin Hati)

Melihat sejarah perjalanan kekhalifahan ternyata ada 4 kekhalifahan yang pernah ada. Yaitu, Khalifatur Rasyidin, Umayyah, Abbasiyah dan Turki Utsmani. 

Sedangkan sultan yang lainnya seperti Dinasti Saljuk, Ayubiyah, Malmuk dan sebagainya tetap menginduk pada kekhalifahan yang ada.

Berdirinya berbagai kekhalifahan terrekam pada kitab Tarikh Khulafa. Imam Suyuthi, menjelaskan isyarat Rasulullah saw yang terrekam dalam beberapa hadist. Semua sudah diisyaratkan jelas oleh Rasulullah saw. Siapa pengganti Rasulullah saw ?

Ini Rasulullah saw jelaskan saat membangun masjid Nabawi. Saat itu Rasulullah saw meminta Abu Bakar menaruh batu batu disisi Rasulullah saw. Umar disisi Abu Bakar, Utsman disisi Umar.

Bila sudah tahu perjalanan seperti itu, mengapa Rasulullah saw tidak menunjuk langsung Abu Bakar sebagai pengganti beliau ?  Begitu juga Umar, mengapa tidak langsung menunjuk Utsman ? 

Setelah masa itu, Rasulullah saw menjelaskan datangnya era kerajaan. Siapa yang melanjutkan ?  Rasulullah saw dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa kekhalifahan berikutnya adalah dari keturunan Muawiyah dan Abbas pamannya.

Rasulullah saw bersabda bahwa bila kekuasaan keturunan Muawiyah sehari maka kekuasaan keturunan Abbas akan dua kali lipatnya.

Oleh karena itulah Hasan bin Ali, menyerahkan kekhalifahan kepada Muawiyah karena sudah dapat nasihat dari ayahnya, Ali bin Abi Thalib, bahwa khalifah berikutnya adalah Muawiyah. 

Mengenai keturunan Abbas pamannya, Rasulullah saw pernah bersabda bahwa keturunannya akan terus menjadi pemimpin hingga hilangnya keadilan. Lalu siapa penerus Kekhalifahan Abbasiyah ? 

Imam Suyuthi, tidak menjelaskan. Namun sepertinya Turki Utsmani memenuhi syarat itu yaitu sebaik-baiknya pemimpin dan pasukan.

Kemunculan Turki Utsmani, sebenarnya sudah terlihat pada masa Abbasiyah. Para leluhur Turki, loyal, berkarakter kuat, berprestasi, selalu taat pada khalifah. Mungkin itu mengapa Allah memilih mereka menjadi pelanjut Kekhalifahan Islam.

Lalu bagaimana Isyarat Rasulullah saw tentang penakluk Roma ? 

0 Komentar