"Jamuran" Permainan Anak Karya Sunan Giri

"Jamuran" Permainan Anak Karya Sunan Giri

Oleh: Nasrulloh Baksolahar
(Channel Youtube Dengerin Hati)


Sejak kecil anak harus dididik. Cara mendidik yang terbaik dengan permainan. Pendidikan yang terbaik pada saat anak memasuki usia Golden Age. Untuk itulah Sunan Giri menciptakan beragam permainan anak. Salah satunya permainan Jamuran.

Jamuran bisa dimainkan anak-anak yang berjumlah 4-12. Jamuran biasanya diadakan di waktu sore dan malam saat Bulan Purnama.

Anak-anak yang ikut bermain umurnya diantaranya 6 sampai 13 tahun. Bermain jamuran bisa dimainkan oleh anak lelaki, anak perempuan atau campuran. Bermain jamuran hanya membutuhkan tanah lapang yang luas.

Contohnya yang bermain berjumlah 10 orang (A, B, C, D, E, F, G, H, I, J), lalu diundi dengan (bahasa Jawa: Pingsut), siapa yang kalah akan jadi. Contohnya yang jadi J, lalu A, B, C, D, E, F, G, H, I membentuk barisan yang berbentuk lingkaran, memutari J yang ada di tengah. Lalu A sampai I tadi berjalan berputar memutari J, sambil menyanyikan lagu jamuran.

Jamuran
Jamuran ya gégé thok
Jamur apa ya gégé thok
Jamur gajih mbejijih sa ara-ara
Sira mbadhé jamur
Sira badhe jamur opo?

Tiba pada kalimat ‘siro badhe jamur opo?’, si anak yang berada di tengah lingkaran lantas berteriak menyebut sebuah gerakan pura-pura yang wajib kami perbuat.
Anak-anak lain yang semula bergandengan tangan membentuk lingkaran, kontan berhamburan. Untuk menirukan seperti apa yang di ucapkan si anak yang kalah tadi. Misal seperti ini…
'Jamur motor!’

Ketika di ucapkan ‘jamur motor!’, anak-anak yang berhamburan untuk berubah menjadi berbagai kendaraan beroda. Ada yang menjadi mobil polisi. Ada yang menjadi dokar. Ada yang menjadi sepeda motor. Ada yang menjadi kereta. Masing-masing kami bergumam menirukan suara tiap-tiapnya sembari berjalan mondar-mandir. Hingga terdengar lagi sebuah suara. Ketika ada anak yang tidak bisa menirukannya, itu artinya ia yang JADI.

1. https://gpswisataindonesia.info/sejarah-permainan-tradisional-jamuran/

2. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jamuran#:~:text=Jamuran%20adalah%20permainan%20yang%20berasal,diantaranya%206%20sampai%2013%20tahun.
3. Atlas Wali Sanga, Agus Sunyoto, IIMaN 2017

0 Komentar