"Umpetan", Permainan Anak Karya Sunan Giri

"Umpetan", Mainan Anak Karya Sunan Giri

Oleh: Nasrulloh Baksolahar
(Channel Youtube Dengerin Hati)

Masa kecil memang indah. Salah satunya dengan banyak bermain. Salah satu yang digemari adalah permainan "tak umpet", umpetan atau jelungan.

Cara bermainnya, pemain pemenang bersembunyi, sementara pemain kalah atau ?dadi? berusaha mencari pemain lain tanpa harus meninggalkan terlalu jauh pangkalan sebagai tempat bermain.

Ada juga polanya, dari beberapa pemain diambil 1 orang yang jaga tempat. Yang jaga ditutup matanya sambil menghitung sampai angka yang ditentukan. Pemain yang lain, sembunyi di wilayah tempat yang sudah disepakati. Sampai hitungan selesai, si penjaga mencari temannya sampai semua ditemukan, yang akan jaga selanjutnya yaitu teman yang pertama kali ditemukan

Model permainan lainnya, 
salah satu diantara anak-anak yang bermain ada yang menjadi pemburu, dan yang lainnya menjadi obyek buruan. Mereka akan selamat dari kejaran pemburu bila telah berpegang pada batang pohon yang telah di tentukan lebih dulu. Inilah permainan yang disebut jelungan.

Tak disangka bahwa permainan ini diciptakan oleh Sunan Giri agar anak-anak dapat memahami tauhid dengan permainan. Belajar sambil mengokohkan keimanan. Apa makna permainan tersebut?

Arti permainan tersebut adalah seorang yang sedah berpegang teguh pada agama Islam Tauhid maka ia akan selamat dari ajakan setan atau iblis yang di lambangkan sebagai pemburu.

1.https://ctzahra.wordpress.com/2013/06/15/dolanan-permainan-jaman-masih-kecil/amp/
2.https://sen1budaya.blogspot.com/2014/03/jelungan.html?m=1
3.https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailCatat=203
4. Atlas Wali Sanga, Agus Sunyoto, Pustaka IIMaN 2017

0 Komentar