Bahaya Pura-Pura Kaya Padahal Kere


Siapa yang tidak ingin sukses dan kaya?  Kita semua ingin menjadi orang sukses dengan masa depan cerah.  Namun jangan sampai kita kehilangan akal dengan berpura-pura kaya meski gajinya masih pas-pasan.


Pamer di media sosial memang memajang foto-foto kekinian tapi semuanya hanya fiksi belaka.  Berpura-pura hidup penuh kemewahan tapi yang terjadi sebenarnya hidup pas-pasan.  Jika kebiasaan buruk ini terus berlanjut, nanti kita malah bisa mendapatkan masalah baru.


1. Merusak nama baik kita sendiri


Kita tetap harus menjaga nama baik kita.  Jika kita terus memakai topeng, ketika orang lain mengetahui wajah asli kita, nama baik kita akan hancur dengan sendirinya.  Tidak perlu banyak bohong karena nantinya bisa merusak nama baik kita.


2. Dapat meningkatkan stres dan tekanan mental

 

Berbohong itu tidak pernah ada habisnya. Sekali kita berbohong, kita akan terus dipaksa untuk membuat kebohongan baru.  Lama kelamaan hal ini akan membuat kita stres sendiri.  Akan ada tekanan batin yang membuat kita sulit menerima diri kita apa adanya.


3. Kepercayaan diri menurun


Pada akhirnya kita hanya akan merasa lebih tidak aman.  Kepercayaan diri juga akan berkurang.  Tidak ada lagi rasa percaya diri yang bisa membuat kita tenang.  Setiap hari rasanya dihantui oleh perasaan tidak nyaman.  Seiring waktu, kita menjadi membenci diri sendiri.


4. Bisa terjebak dalam jeratan hutang


Demi memenuhi keinginan memiliki gaya hidup mewah, kita rela berutang sana-sini.  Meski gajinya pas-pasan, anda justru menggali lubang untuk menutupi lubang tersebut.  Jika kondisi ini terus berlanjut, kita akan terjebak dalam hutang yang akan semakin sulit kita tangani.


Saatnya lebih berhati-hati dalam memberatkan diri, ya.  Tidak perlu berpura-pura kaya jika itu akan merepotkan.  Sekarang kita harus lebih berani menjadi diri sendiri, jujur ​​pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita.  (Sumber: fimela.com)

 

0 Komentar