Fakta Gaji Welder Underwater


Tahukah anda bahwa pekerjaan las seringkali diremehkan, hal ini dikarenakan citra las identik dengan bengkel pinggir jalan dan hanya bergelut dengan pembuatan teralis dengan standar peralatan keselamatan dasar sehingga masyarakat umum menganggap pekerjaan sebagai tukang las kurang menarik, sehingga  tidak heran jika hanya sedikit orang yang mau bekerja di bidang pengelasan ini.


Tukang las atau welder adalah pelaksana proses pengelasan untuk penyambungan dua logam, baik logam besi maupun non besi, yang dapat dilakukan dengan cara penyambungan dengan metode panas. 


Profesi pengelasan sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat umum, padahal gajinya bisa sangat tinggi jika ahli di bidang pengelasan.  Oleh karena itu, juru las yang dikatakan mahir akan memiliki sertifikat sehingga dapat memanggil juru las yang berkompeten di bidang pengelasan.  Terkadang industri sendiri juga bisa melakukan sertifikasi sendiri untuk memberikan kompetensi kepada karyawannya.


Namun, sertifikasi di Indonesia biasanya dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi (LSP).  Lembaga sertifikasi adalah wadah kompetensi di Indonesia yang mendapat izin dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.  Kebutuhan akan tukang las di Indonesia semakin meningkat, kondisi ini berbanding lurus dengan pembangunan di Indonesia yang juga semakin meningkat.  Banyak proyek membutuhkan konstruksi logam untuk membutuhkan pengelasan.


Gaji tukang las


Gaji seorang tukang las profesional yang sudah memiliki sertifikat kompetensi sangat bervariasi tergantung tingkat kualifikasi pengelasan, semakin tinggi tingkat kualifikasi maka semakin besar pula gaji yang didapat, namun gaji juru las pada umumnya sangat bervariasi antara 4 sampai 10 juta per bulan,  gaji bisa berubah jika seorang welder  welder sering lembur atau lembur. 


Bahkan untuk tukang las yang bekerja di luar negeri bisa mendapatkan gaji sekitar 20 juta per bulan, ada juga tukang las yang bekerja di perusahaan pengeboran minyak yang upahnya US$200 per jam.  Itu tergantung pada kemampuan dan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh tukang las.


Gaji tukang las dengan kualifikasi khusus


Underwater adalah salah satu kualifikasi khusus seorang tukang las atau dikenal dengan istilah underwater welding.  Pengelasan bawah air adalah salah satu pengelasan yang dilakukan di dalam air, umumnya di laut. 


Welder ini adalah spesialis yang mengkhususkan diri dalam pengelasan basah yang banyak digunakan dalam pemeliharaan dan perbaikan struktur kapal, konstruksi pipa air, konstruksi pipa minyak dan gas, konstruksi jembatan di atas air, serta konstruksi rig atau pengeboran minyak dan gas lepas pantai.


Selama ini pekerjaan las bawah air masih banyak ditangani oleh tenaga kerja asing.  Karena itu, tidak banyak sumber daya manusia profesional dari Indonesia untuk pengelasan bawah air. Padahal banyak lapangan pekerjaan di bidang ini, karena Indonesia merupakan negara yang wilayahnya sebagian besar terdiri dari perairan dan laut.


Perlu dicatat bahwa jenis tukang las bawah air ini memiliki potensi penghasilan yang sangat tinggi.  Gaji yang diterima dihitung berdasarkan durasi jam, yaitu ketika 1 jam mereka bekerja di bawah air mereka dibayar sekitar US$200 dengan asumsi 1 adalah Rp.  14.000 adalah 2,8 juta, jika dalam sehari seorang tukang las bawah air bekerja selama 8 jam, berarti ia mendapatkan Rp.  22,4 juta per hari dan jika dikalikan dalam 1 bulan, seorang tukang las bawah air mendapat penghasilan Rp.  627,2 juta per bulan.


Gaji seorang tukang las atau welder skala nasional sangat bervariasi tergantung dari jenis keahliannya. Total pendapatan mulai dari 3,5 juta sampai 10 juta bisa berubah tergantung jumlah lembur atau lembur, rata-rata gaji tukang las Indonesia kurang lebih Rp4.222.866 per bulan di Indonesia. 


Perkiraan gaji didasarkan pada 30 gaji yang dikirimkan secara anonim kepada Indeed oleh karyawan juru las, pengguna, dan dikumpulkan dari iklan lowongan di Indeed pada selama 36 bulan terakhir.  Sumber (id.indeed.com 22/10/2020).


Gaji minimum bervariasi dari yurisdiksi ke yurisdiksi dan perlu berkonsultasi langsung dengan perusahaan untuk mengetahui gaji sebenarnya.  Sedangkan di luar negeri penghasilan tukang las bisa mencapai 20-30 juta per bulan. 


Menurut Supriyadi, juru las senior asal Indonesia yang berpengalaman di luar negeri, gaji juru las yang diterimanya adalah 2.200 dollar AS, belum termasuk lembur.


Pekerjaan pengelasan berfungsi di berbagai infrastruktur industri, mulai dari turbin listrik hingga kilang minyak dan jaringan pipa tambang.  Inilah yang membedakan tukang las dengan pekerja migran lainnya, dengan keterampilan mengelas yang sulit, para tukang las memiliki harga jual yang luar biasa.


Sertifikasi tukang las


Sertifikasi juru las di Indonesia masih terbagi dua, yaitu yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).  Pelaksanaan sertifikasi umumnya dilakukan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang memiliki izin dari BNSP.


Program sertifikasi juru las memiliki berbagai jenis sertifikat berdasarkan tingkat kualifikasi, seperti yang dijelaskan di atas.

 

Sertifikat juru las sebagai bukti bahwa seorang juru las dikatakan kompeten/terampil sehingga mendapat gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan juru las yang tidak memiliki sertifikat.  Kelompok sertifikasi tukang las berikut sebagian besar dilakukan:


Kelas tukang las 1

a.      Plat posisi 1G, 2G, 3G, 4G

b.      Posisi pipa 1G, 2G, 5G, 6G


Kelas tukang las 2

a.      Plat posisi 1G, 2G, 3G, 4G

b.      Posisi pipa 1G, 2G, 5G


Kelas tukang las 3

a.      Plat posisi 1G, 2G

b.      Posisi pipa 1G, 2G


Jenis Sertifikat Tukang Las

a.      BNSP


b.      Minyak dan gas


c.      Kementerian Tenaga Kerja


d.      IIW (International Institute of Welding) dengan sertifikat tukang las internasional. (Sumber: smkn1leleapengelasan.com)

0 Komentar